Ingin Mengajukan Kredit Motor? Berikut 4 Tips Jitu untuk Anda

  • by
Motor impian bisa didapatkan sekejap dengan cicilan kredit motor

Apakah anda dalam waktu sedang ingin berencana mengajukan cicilan kredit motor? Jika iya maka ada beberapa yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu supaya tujuan mengajukan kredit bisa tercapai dengan mudah dan cepat.

Tips Pengajuan Kredit Motor

Untuk membantu anda dalam kredit motor, berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Pilihlah jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan anda

Belilah motor yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Jika anda hanya membutuhkan kendaraan untuk mengantar anda bepergian jarak dekat, maka beli saja motor standar dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Hal itu akan sangat berpengaruh pada kemampuan anda dalam membayar DP dan biaya angsuran per bulannya. Untuk DP kredit motor aturannya adalah 20% dari harga asli sehingga apabila motor yang anda beli semakin mahal maka DP nya pun makin mahal. Belum lagi jika biaya perawatannya mahal dan bahan bakarnya boros.

  1. Pilihlah perusahaan atau dealer yang sudah terpercaya

Hal penting untuk dilakukan sebelum mendatangi dealer adalah melakukan riset kecil terlebih dahulu tentang dealer tersebut. Apakah bisa terpercaya, bagaimana track recordnya dan lain sebagaianya. 

Pastikan juga perusahaan tempat anda mengajukan kredit sudah terdaftar secara resmi di bawah pengawasan langsung OJK. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari seperti pemberian DP yang berat, BPKB yang lama datang, dan lain sebagaianya.

  1. Gunakan fitur simulasi cicilan kredit motor

Salah satu cara dalam menentukan apa jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda adalah fitur simulasi kredit motor yang disediakan oleh pihak perusahaan. Dengan fitur ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki transparansi terhadap kliennya.

Dari fitur tersebut anda bisa mengetahui secara pasti berapa biaya DP yang harus anda bayarkan di awal, berapa lama tenornya, pilihan berapa biaya angsuran yang harus dibayarkan per bulan, dsb 

  1. Penuhi Seluruh Persyaratan yang ada

Setelah anda mengetahui jenis motor apa yang hendak anda beli, selanjutnya adalah memenuhi semua syarat pengajuan kredit motor. Surat-surat itu diantaranya seperti KK, KTP, NPWP, dll

Kelebihan kredit motor

  1. Lebih terasa ringan dalam membayar

Dengan uang DP yang hanya berkisar 20% dari total harga asli dan biaya cicilan per bulan yang bisa dipilih sesuai kemampuan, tentu saja kelebihan sistem kredit ini dibanding membelinya secara kontan

  1. Bagus untuk pengaturan uang jangka panjang

Dengan pengeluaran yang tidak terlalu besar dan sudah pasti per bulannya, anda bisa mengatur finansial dengan lebih baik.

  1. Sudah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor

Biasanya kredit motor juga disediakan langsung asuransi kendaraan oleh pihak dealer sampai cicilan kredit motor lunas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.