Perbandingan Genteng Metal vs Genteng Tanah Liat

  • by
jual genteng metal

Mencari toko yang jual genteng metal atau genteng tanah liat? Sebelum itu, Anda harus mengetahui perbandingan antara kedua jenis genteng yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari bahan pembuatan sampai faktor pemasangan, kedua jenis genteng ini punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apa sajakah? Mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Perbandingan Genteng Metal dan Tanah Liat

1. Proses Pembuatan

Kedua jenis genteng ini mempunyai cara pembuatan berbeda. Genteng berjenis metal dibuat dari campuran seng, alumunium, dan pelapis antikarat, sedangkan genteng tanah liat sudah pasti terbuat dari bahan tanah liat alami.

Pembuatan genteng tanah liat ini dengan cara dicetak dan dibakar.

2. Daya Tahan Panas

Kemudian dari segi daya tahan panas, genteng metal dinilai kurang efektif, hanya berkisar 70 persen saja. Beda dengan genteng tanah liat yang sangat baik dalam penyerapan panas.

3. Perawatan

Bukan hanya bagian interior saja yang perlu dirawat, namun eksterior rumah seperti genteng juga butuh perawatan demi menjaga tampilannya.

Genteng tanah liat butuh perawatan ekstra sebab mudah berlumut dan berjamur, sedangkan genteng metal lebih mudah hanya cukup dibersihkan dan berhati-hati saat memasangnya.

4. Cara Pemasangan

Pemasangan kedua genteng punya teknik berbeda, genteng tanah liat membutuhkan kerangka kuat dan butuh waktu lebih lama memasangnya supaya posisi pas serta tak mudah bergeser.

Beda dengan genteng bahan metal yang memiliki pengunci khusus supaya posisinya tak mudah geser, dan perlu berhati-hati agar tidak menggores warnanya.

5. Segi Harga

Untuk segi harga jual genteng metal jelas lebih mahal karena punya nilai estetika lebih, sedangkan genteng bahan tanah liat banyak dipilih masyarakat sebab sangat ekonomis.

Bagaimana Proses Pemasangan Genteng Metal?

Anda lebih tertarik pakai genteng metal? Begini cara pasangnya.

  • Pilih ketebalan sesuai kondisi cuaca di wilayah Anda.
  • Pembuatan rangka atapnya tak perlu serapat genteng tanah liat.
  • Memasang genteng di atas rangka atap terbuat dari baja ringan.
  • Pasangkan secara rapi, hati-hati supaya tidak terlepas. Lebih disarankan oleh pekerja ahli.

Harga jual genteng metal memang jauh dari genteng tanah liat, jadi Anda tertarik pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.