Tips Perawatan Genset Silent Perkins, Wajib Dicoba!

  • by

Apa yang akan Anda rasakan apabila listrik tiba-tiba padam saat sedang sibuk bekerja? Atau saat sedang duduk santai sembari menonton televisi? Tentu akan sangat kecewa bukan? Di saat seperti itu, kita pasti ingin listrik selalu menyala supaya pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya bisa berjalan dengan lancar. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah penggunaan genset silent Perkins.

Apabila membahas tentang genset, maka perlu Anda perhatikan terkait cara perawatannya. Jadi, pasokan listrik akan tetap terjaga. Khususnya untuk gedung perkantoran, universitas, bandara, dan tempat umum lain. 

Cara Merawat Genset Silent Perkins Dengan Tepat

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam merawat genset silent Perkins di rumah, antara lain:

  1. Lakukan Pemanasan Secara Berkala

Pemanasan genset bisa Anda lakukan minimal satu kali dalam seminggu. Tak hanya motor saja yang perlu dipanaskan, genset juga perlu dipanaskan supaya mesinnya tetap aktif dan tahan lama. Genset yang rutin dinyalakan akan membuat mesin penggeraknya bekerja lebih handal.

  1. Periksa Aki Genset

Pemeriksaan aki genset bisa dilakukan dengan cara memeriksa alur koneksi terminal aki supaya tidak longgar. Sistem listrik aki tersebut harus dipastikan tidak berkarat. Sebab, hal itu bisa menghambat “starting” genset itu sendiri. Selain itu, jangan lupa pula untuk memeriksa terminal yang ada pada baterai “starting”.

  1. Periksa Bahan Bakar

Cara selanjutnya untuk merawat genset silent Perkins yaitu dengan memastikan bahwa filter alat bakar dalam kondisi yang baik. Pastikan juga jalur bahan bakar tidak bergesekan dengan benda apapun. Karena hal itu bisa menyebabkan kegagalan fungsi. Apabila ada keretakan ataupun lecet pada “fitting”, cobalah untuk segera diperbaiki.

  1. Periksa Sistem Kontrol

Pemeriksaan sistem kontrol tersebut berguna untuk melancarkan penyaluran beban. Cobalah untuk melakukannya secara teratur dan pastikan juga bahwa log data yang benar selama proses pemanasan mesin. Selain itu, jangan lupa untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal.

Demikian beberapa penjelasan mengenai berbagai cara dalam merawat genset silent Perkins yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.