Efek Samping Pemeriksaan Tuba Falopi

  • by
gambar kehamilan

Pada sebagian besar kasus wanita yang mengalami infertilitas, 17 persen hingga 55 persen diantaranya berpeluang mengalami kehamilan, setelah menjalani pemeriksaan tuba falopi atau saluran telur dengan melakukan prosedur HSG atau histerosalpingografi. Meski HSG bukan prosedur pengobatan. Peningkatan peluang tersebut berlangsung hingga sekitar tiga bulan pasca prosedur tes HSG. 

Penyebab Meningkatnya Peluang Hamil setelah Pemeriksaan Tuba Falopi

Hal tersebut antara lain karena faktor berikut ini:

  • Terbukanya sumbat kecil pada tuba falopi, atau saluran sel telur sehingga memudahkan terjadinya kehamilan
  • Lebih banyak informasi mengenai penyebab terjadinya infertilitas atau gangguan terjadinya kehamilan lalu bisa segera dicari solusinya.
  • Zat kontras pada tes HSG turut berperan dalam memperbaiki endometrium atau lapisan rahim serta membuatnya jadi lebih kondusif untuk peluang kehamilan, serta membantu embrio agar bisa tertanam. Tes HSG ini juga ada efek anti radang nya.
  • Zat kontras juga dapat memengaruhi daerah sekitar ovarium, sehingga akan meningkatkan ovulasi.
  • Penempatan kateter dalam serviks, setelah tes HSG, pada beberapa wanita bisa meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Jika dilakukan secara terapeutik, maka merupakan goresan endometrium.

Wanita yang memiliki kekebalan tubuh tertentu serta memiliki endometriosis stadium awal, sangat tepat melaksanakan prosedur HSG.

Risiko serta Efek Samping HSG 

Namun selain peningkatan peluang kehamilan maka ada efek sampingnya juga yang harus diwaspadai dan diatasi. Seperti kram selama beberapa jam bagi wanita tertentu yang bisa dikurangi dengan konsumsi obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kram menstruasi sebelum prosedur HSG ataupun saat kram terjadi.

Meski sebenarnya HSG termasuk prosedur yang sangat aman. Tapi bisa saja terjadi serangkaian komplikasi berikut ini:

Peradangan atau Infeksi

Terutama infeksi panggul pada wanita yang telah memiliki penyakit gangguan saluran tuba falopi sebelumnya.

Pada kasus yang jarang terjadi, maka infeksi yang sangat parah bisa merusak saluran tuba hingga harus diangkat. Segera saja hubungi dokter jika rasa sakit makin parah dan terjadi demam di hari pertama hingga kedua setelah HSG.

Paparan Radiasi

Paparan radiasi dari tes HSG sebenarnya sangat rendah, dan lebih kecil kemungkinan terjadinya jika dibandingkan dengan pemeriksaan ginjal atau usus. Namun jika ada kemungkinan tengah hamil maka sebaiknya hindari melakukan tes HSG.

Alergi Yodium

Yodium adalah salah satu senyawa yang digunakan dalam uji HSG untuk pewarna kontras intravena. Jika mengalami alergi terhadap yodium maka bisa tidak digunakan. Namun jika terlanjur mengalami ruam, atau gatal, dan bengkak sesudah melakukan HSG maka segera konsultasikan dengan dokter guna mendapat perawatan.

Ada juga kemungkinan mengalami flek atau keputihan dalam waktu hingga 2 hari setelah HSG. Jika timbul efek samping naka segera konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.