Simak, Tips Memilih Rangka Baja Terbaik Untuk Bangunan Konstruksi

  • by
Ilustrasi atap baja

Penggunaan rangka baja terbaik di dalam konstruksi bangunan semakin diminati. Pasalnya, Baja ringan memiliki bobot yang ringan dan juga proses pemasangannya yang sangat mudah. Hal ini akhirnya membuat baja ringan makin banyak digunakan di beberapa bangunan konstruksi Indonesia. 

Penggunaan rangka baja terbaik biasanya diaplikasikan pada rangka atap, plafon rangka partisi, rangka, sistem ventilasi hingga pembuatan kusen pintu dan juga jendela. 

Namun yang harus dipahami adalah, rangka baja ringan sendiri sebenarnya memiliki kualitas yang sangat beragam karena beberapa faktor. Dan untuk itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika Anda memilih baja ringan terbaik. Diantaranya:

Berstandar SNI

Pastikan untuk Anda membeli baja ringan yang sudah memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia. Hal ini cukup penting agar tidak terjadi kerusakan seperti korosi dan tingkat ketegangan yang menjadi rendah. Pasalnya, ketika tingkat ketegangan rendah maka akan membuat baja ringan menjadi mudah bengkok yang menyebabkan roboh ketika tertiup angin dan tidak bisa menahan beban bangunan. 

Pastikan Produk Bergaransi

Ketika akan membeli rangka baja terbaik, pastikan memilih yang bergaransi. Selain memang terjamin kualitasnya, pembeli juga tak lagi khawatir jika produk ini nantinya mengalami kecacatan produk karena sudah ada jaminan dari rangka baja ringan yang dibeli. 

Memilih produk material baja yang bergaransi memang sangat penting. Pasalnya hal ini akan menjamin ketahan dan dipastikan jika produk sudah di uji coba sesuai dengan standar dari pabrik pembuatnya. 

Lakukan Pengecekan Tegangan Tarikan

Kualitas rangka baja terbaik memang bisa dilihat dari kualitas ketegangan tarikan yang ada di keterangan produk. Jenis rangka baja yang bagus, biasanya akan memiliki standar ketegangan tarikan minimalnya adalah 500Mpa. Dan harus diketahui, semakin tinggi tarikan tegangan makan semakin kuat juga rangka baja. Namun pemilihan besaran dari tarikan memang harus disesuaikan dengan kebutuhan, jika beban yang ditopang cukup berat, maka dipelukan baja dengan tarikan yang tinggi. 

Namun secara umum rangka baja yang berkualitas terbaik setidaknya memiliki standar tarikan tegangan 980Mpa. Karena jenis baja ini dianggap kuat dan sama sekali tidak mudah ambruk. Hanya saja, harga pasarannya memang agak lebih mahal. 

Beli Baja dengan Prefabrikasi

Sebenarnya secara umum, toko bangunan banyak yang menjual baja ringan dalam bentuk potongan yang terpisah sehingga harga lebih murah. Tapi, ada baiknya untuk memilih baja yang prefabrikasi karena dari sisi kualitas memang jauh lebih bagus. Prefabrikasi adalah metode pemasangan dari rangka baja terbaik yang sudah mengalami proses pemotongan dari pabrik yang memproduksinya. Hal ini karena agar proses pemasangan nantinya lebih efisien. Karena proses pengukuran akan menjadi lebih akurat jika dibandingkan dengan produk yang sudah dipotong terpisah dengan ukuran yang kecil – kecil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.