5 Langkah Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Optimalkan Customer Service E-Commerce

  • by
Ilustrasi customer service

Apa definisi layanan pelanggan yang  memuaskan? Jawabannya terletak pada layanan customer service ecommerce yang  merespon secara efisien dan efektif semua pertanyaan  pelanggan  melalui email, live chat atau berbagai media sosial lainnya.  Berikut adalah beberapa hal penting untuk memastikan Anda memiliki pengalaman layanan pelanggan online  yang memuaskan: 

  1. Menyelesaikan masalah dengan cepat dan akurat
  2. Memecahkan masalah pelanggan dengan satu  interaksi
  3. Interaksi dengan perwakilan layanan pelanggan yang ramah
  4. Kemampuan untuk mengikuti masalah yang dihadapi oleh agen (orang) yang sama
  5. Anda dapat merekam, mencetak, dan menyimpan salinan interaksi Anda
  6. Menjaga kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan secara berkala
  7. Meningkatkan harapan pelanggan 

Berikut penjelasan selengkapnya terkait langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Meningkatkan ekspektasi pelanggan

 Harapan untuk layanan pelanggan jelas meningkat. Apalagi saat ini masyarakat hidup di era yang nyaman dimana semuanya terjadi secara instan. Layanan pelanggan dan pengalaman pelanggan adalah pembeda utama untuk setiap merek dan bisnis e-commerce. Untuk meningkatkan harapan pelanggan, Anda bisa menggunakan beberapa strategi peningkatan layanan pelanggan. Sehingga layanan yang baik akan selalu dikenang dan pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk Anda. 

  1.  Penggunaan layanan dukungan e-commerce

Secara umum, kuartal keempat merupakan periode terpenting dan tersibuk bagi para pengusaha e-commerce dan pedagang online. Namun  perlu diingat bahwa semakin banyak Anda menjual, semakin banyak  dukungan pelanggan yang Anda butuhkan. Waktu respons yang  lama dapat menyebabkan hilangnya pendapatan bahkan kehilangan pelanggan setia. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mempekerjakan lebih banyak staf atau menggunakan layanan perusahaan customer service e-commerce. 

  1. Menyiapkan strategi omnichannel 

 Perusahaan atau bisnis yang menggabungkan berbagai pengalaman berbelanja bagi konsumen menerima testimoni dan rating yang cukup tinggi. Saat mengembangkan strategi ini, Anda perlu memahami dimana biasanya pelanggan Anda paling sering online dan memasarkan  beragam produk yang Anda jual. Hal tersebut berpeluang untuk memberikan rasa puas dan  positif dengan produk yang Anda jual. 

  1. Membuat peraturan terkait pertanyaan

 Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat menghubungi dukungan adalah  menunggu keluhan Anda diselesaikan atau mengulangi informasi yang sama berulang kali. Ini bisa membuat memakan waktu yang cukup lama. Memastikan bahwa pelanggan tidak perlu mengulangi keluhan atau informasi untuk mendapatkan tanggapan merupakan aspek penting dari layanan pelanggan yang baik. 

Hal ini memungkinkan Anda bisa memanajemen atau merespon lebih cepat terhadap berbagai keluhan yang diterima. Oleh karena itu, informasi harus dikomunikasikan seefisien mungkin. Satu pertanyaan atau keluhan sudah cukup. 

  1. Pengukuran kepuasan pelanggan 

 Untuk meningkatkan penjualan bisa dengan cara tolok ukur. Mengukur kepuasan pelanggan dapat membantu Anda menentukan apakah interaksi atau informasi yang telah disampaikan memuaskan atau tidak. Berbagai metode  dapat diterapkan, tentunya dengan ciri khas masing-masing. Ulasan pelanggan dapat membantu Anda lebih memahami mana yang baik dalam metode customer service e-commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published.