Catat, 5 Jenis software multi channel ecommerce

  • by
Ilustrasi kode

Jual beli online memang sangat erat hubungannya dengan software multi channel ecommerce. Pasalnya, software ini akan memudahkan penjual dan juga pembeli untuk bisa menemukan produk yang mereka inginkan dan mereka butuhkan. Dan sebenarnya ecommerce sendiri memiliki cangkupan yang cukup luas jadi bukan hanya berjualan saja melalui marketplace. Namun ada beberapa jenis dari software multi channel ecommerce yang bisa menjadi peluang untuk Anda melakukan penjualan toko online, di antaranya:

Business to Business (B2B)

Untuk jenis Business to business atau bisa dikenal dengan B2B adalah jenis multi channel ecommerce yang sebenarnya melibatkan semua jenis transaksi yang berkaitan dengan jasa dan barang. Dan hal ini juga tidak terkecuali dengan transaksi elektronik. Dan software multi channel ecommerce biasanya sering dilakukan oleh antar perusahaan seperti untuk penjualan secara grosir hingga lainnya. 

Perlu diketahui bersama jika, B2B biasanya lebih banyak digunakan oleh Electronic Data Interchange atau EDI dan email untuk proses memberikan informasi bisnis, melakukan konsultasi dari produk sampai dengan melakukan transaksi. 

Business to Consumer (B2C)

software multi channel ecommerce lain yang sangat erat kaitannya dengan ritel secara online adalah Business to Consumer. Dengan menggunakan layanan internet, maka semuanya akan berjalan dengan semakin mudah dan semakin lancar. Hal ini sangat terbukti dengan semakin maraknya website, toko dan juga hingga ecommerce yang ada di internet. Dan software multi channel ecommerce ini biasanya akan berkaitan dengan transaksi antara bisnis dan langsung dengan pelanggannya. 

Consumer to Consumer (C2C)

Untuk software multi channel ecommerce ini biasanya akan menggunakan jenis aplikasi yang akan mulai menerapkan platform jual beli secara online. Dengan kata lain adalah consumer to consumer sebenarnya memiliki hubungan yang sangat erat dengan transaksi online baik itu barang dan produk lainnya dengan jasa yang diberikan oleh pelanggan yang mendapatkan bantuan dari pihak ketiga. 

Consumer to Business 

Dan untuk jenis software multi channel ecommerce selanjutnya adalah consumer to business atau biasanya dikenal dengan C2B. nah, ini adalah transaksi yang dilakukan oleh website yang terjadi antara konsumen dengan perusahaan. 

Business Administration (B2A)

Dan jenis yang terakhir adalah Business Administration yang mana ini adalah sebuah transaksi yang terjadi dari perusahaan dengan administrasi publik. Dan cangkupannya dalam software multi channel ecommerce ini memang terbilang cukup beragam, dimulai dari pelayanan pemerintah, dokumen hukum, pengurusan pajak sosial dan lainnya.

Nah, itulah lima jenis software multi channel ecommerce yang sebenarnya bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang Anda lakukan. Untuk layanan jasa, sebenarnya software multi channel ecommerce sangat berguna untuk bisa membantu dalam menawarkan jasa dengan semakin luas sehingga bisa dikenal oleh seluruh masyarakat secara menyeluruh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.