Hal Penting Dalam Penggunaan Genset 25 Kva

  • by

Genset adalah mesin yang sangat penting dan harganya tidak murah, sehingga jika Anda membeli genset maka pastikan Anda mengetahui cara penggunaannya yang benar sehingga dengan demikian genset itu bisa bertahan lebih lama. Seperti misalnya saat Anda hendak menggunakan genset 25 kVA yang memiliki kapasitas listrik yang besar maka tentunya penggunaannya juga harus lebih berhati-hati.

Baca Buku Petunjuk Operasionalnya

Anda jangan menyepelekan adanya buku petunjuk operasional, sebaiknya jika Anda hendak menggunakan genset 25 kVA untuk pertama kali maka Anda harus membaca buku petunjuknya. Mungkin Anda berpikir bahwa pada dasarnya cara penggunaan genset itu sama saja, namun Anda perlu mengetahui beberapa hal khusus yang perlu Anda waspadai agar genset yang Anda miliki itu tidak cepat rusak. Apalagi jika Anda menggunakan genset yang tipenya berbeda dari yang sebelumnya pernah Anda miliki dan ini adalah pertama kali Anda menggunakan genset yang seperti itu maka Anda harus lebih memperhatikan saat menggunakannya untuk pertama kalinya. Jangan Anda samakan caranya dengan genset yang sebelumnya. Untuk genset 25 kVA bertipe silent dan open type saja pasti memiliki perbedaan, maka dari itu Anda sebaiknya meluangkan waktu Anda sebentar untuk membaca petunjuk operasionalnya. Dengan membaca buku petunjuknya maka Anda mengetahui bagaimana cara yang benar dalam menggunakan genset 25 kVA tersebut.

Posisi Peletakan Genset

Anda juga harus memperhatikan mengenai posisi peletakan genset itu, karena pada saat pertama dinyalakan biasanya genset 25 kVA bisa menimbulkan getaran karena mesin bekerja, maka dari itu sebaiknya genset itu diletakkan di tempat yang landai dan rata. Karena jika posisinya tidak tepat lalu genset bergeser maka tentunya bisa menimbulkan kerusakan pada genset tersebut. Kemudian Anda sebaiknya letakkan genset itu jauh dari jangkauan anak-anak sehingga bisa terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jaga Kebersihan Genset

Anda juga harus menjaga kebersihan genset itu, jangan biarkan adanya debu atau kotoran terlalu lama mengendap di atas genset atau di sekitar genset, karena bisa saja mengganggu pengoperasian genset 25 kVA tersebut. Kemudian juga jangan letakkan barang-barang yang tidak digunakan di sekitar genset atau bahkan di atas genset tersebut. 

Segera Matikan Genset Jika Terjadi Hal Yang Tidak Biasa

Ketika Anda merasakan perubahan pada genset 25 kVA yang Anda gunakan seperti misalnya mesin tersendat-sendat, menimbulkan getaran yang terlalu tinggi dan lain sebagainya yang tidak pernah Anda rasakan saat menyalakan genset itu sebelumnya, maka akan lebih baik jika Anda mematikan genset itu dengan segera agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan. Kemudian sebaiknya Anda perbaiki lebih dulu genset 25 kVA agar bisa beroperasi dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.